GMKI Kendari Bersama Cipayung Plus Kendari Menyampaikan Aspirasi ke DPRD Sulawesi Tenggara

KENDARI – GMKI Kendari bersama kelompok mahasiswa yang tergabung dalam OKP Cipayung Plus (PMKRI, GMNI, KMHDI, PMII, HMI MPO, LMND, KAMMI) Kota Kendari, menyampaikan aspirasinya ke wakil rakyat di DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara.

(Press Realese Cipayung Plus Kendari sehari sebelum melaksanakan aksi demonstrasi) 

Dalam demonstrasi yang bertajuk aksi damai tersebut, Cipayung Plus Kendari menyampaikan empat poin tuntutan yang bersumber pada kajian-kajian dari kebijakan yang baru saja dikeluarkan oleh pemerintah, serta permasalahan perekonomian yang tengah terjadi. Seperti kelangkaan minyak goreng yang membuat rakyat kecil menjerit, selain itu kenaikan bahan pokok dan juga BBM.

Berikut empat point tuntutan Cipayung Plus Kendari yang perlu disampaikan kepada wakil rakyat di DPRD Sultra untuk diteruskan ke DPR RI dan Pemerintah Pusat, di antaranya:

  1. Menolak kenaikan harga BBM dan LPG
  2. Menolak kenaikan harga bahan pokok
  3. Menolak kenaikan PPN
  4. Mendesak Presiden Joko Widodo untuk mencopot Menteri Perdagangan, Menteri BUMN, dan Menteri Kemenko Perekonomian RI.

Dalam kesempatan itu pula, Ketua GMKI Cabang Kendari, Bung Bongga Lasarus memberikan tanggapan terkait tuntutan yang telah dikeluarkan oleh Cipayung Plus.

(Ketua GMKI Kendari, Bongga seusai menyampaikan aspirasi bersama Cipayung Plus Kendari)

“Saya berharap bahwa gerakan yang dibangun hari ini bisa ditanggapi dengan serius oleh pemerintah, di tengah kondisi ekonomi masyarakat yang melemah, pemerintah harusnya mengambil kebijakan yang memihak pada rakyat kecil,” Pungkas Bongga.

Akhirnya dengan membawa poin-poin tuntutan tersebut, Cipayung Plus Kendari diterima oleh Abdurrahman Saleh selaku Ketua DPRD Sultra secara langsung serta menanggapi akan langsung menindaklanjuti tuntutan Cipayung Plus Kendari lewat Fax yang akan dikirimkan DPRD Sultra ke pihak terkait.

(Cipayung Plus Kendari menyampaikan aspirasinya kepada Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh)

“Yang hadir di sini pada prinsipnya kami terima. Ada 26 elemen yang akan masuk ke sini. Pada prinsipnya kami di DPR akan menerima dengan hormat sekaligus juga menindaklanjuti tuntutan-tuntutan kalian. Apa yang kalian bacakan ini segera diinstruksikan kepada Sekwan untuk di Fax di tempat-tempat yang kalian inginkan, baik Presiden maupun DPR RI, termasuk instansi terdekat yang ingin kita Fax,” Tuturnya.

Lewat perwakilannya, masing-masing OKP juga turut diberi kesempatan untuk langsung memasuki Area Gedung DPRD Sultra untuk melakukan Fax.

Setelah kurang lebih lima jam bersama kerumunan massa demonstran. Sekitar 200 anggota mahasiswa massa Cipayung Plus Kendari kemudian memisahkan diri ke tempat yang lebih aman.

Adapun ketua-ketua dari masing-masing OKP Cipayung Plus Kendari yang hadir yakni, Bongga Lasarus (GMKI), Kilianus Paliling (PMKRI), Saswal Ukba (GMNI), Muhammad Alamsyah (PMII), Badi Rahman (HMI MPO), Adi Darmawan (KMHDI), Anhar (LMND), dan Iwan Haridi (KAMMI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *